Eurofutsal

Cerita Dibalik Kesuksesan JCI Malang Raih Gelar Juara EURO Futsal Championship 2019

15 December 2019 • 2 months ago
articles

Grand Final Euro Futsal Championship 2019 baru saja melahirkan juara baru, yakni Juventus Club Indonesia Malang sebagai juara nasional setelah mengalahkan PRMI Jakarta lewat babak adu penalti.

Babak Grand Final diikuti oleh 12 tim perwakilan dari empat regional Surabaya, Tangerang, Bandung, dan Solo. Babak Grand Final digelar pada Sabtu (14/11/2019) kemarin yang memperebutkan gelar juara nasional.

Perasaan bahagia dan dinaungi keberuntungan tak bisa ditutupi oleh manajer tim futsal JCI Malang, Briand Fergie. 

"Jelasnya kami seneng banget ya, karena tim ini adalah tim yang sama ketika dapet juara tiga tahun lalu, pasti ada rasa penasaran. Perjalanan kami juara itu susah banget, beberapa kita dibantu keberuntungan untuk menang. Sampe final pun penendang pertama kami gagal, tapi emang itu skenario Tuhan," ujarnya.

Para pemain JCI Malang tak mudah untuk bisa menjadi yang terbaik di gelaran EFC 2019. Banyak pemain mereka memiliki ambisi untuk bisa berkeliling Indonesia dengan bermain futsal.

"Banyak pemain saya yang punya mimpi keliling Indonesia lewat futsal. Jadi mereka punya semangat lebih ketika tahu hadiahnya adalah trial dan friendly match ke Jepang," ujar Briand.

"Dari yang sebelumnya mereka main di turnamen futsal dari kota ke kota bahkan ada yang turnamen di lapangan kampung berpasir, naik pick up ke venue turnamen, sampe bisa main futsal di Jepang adalah sebuah hal luar biasa," paparnya.

JCI Malang juga memiliki harapan untuk bisa lolos ke babak regional dan grand final dalam edisi keempat EFC mendatang.

"EFC 2020 harapan kami ya yang jelas kami bisa lolos grand final lagi ya. Karena pengemasan event yang begitu profesional, fasilitas yang diberikan sponsor begitu baik, ditonton banyak orang. Itu jadi motivasi kami untuk bisa kembali main di EFC 2020. Selain itu semoga EFC 2020 menjadi ajang adu gengsi antar kota, bukan lagi antar fansklub," ujar Briand.

"Seperti yang kami rasakan kemarin, dukungan dari teman-teman di kota Malang begitu luar biasa. Mereka banyak yang ngadain nobar ataupun streamingan sendiri. Ada yang nobar di pos keamanan, pos siskamling sampe di cafe atau warkop. Hal ini menunjukkan bahwa siapa yang lolos ke Grand Final membawa gengsi nama daerah yang bisa menambah rasa bangga."

JCI sendiri mulai melakukan persiapan dari sisi tekniks hingga non teknis untuk berangkat ke Jepang.

"Persiapan ke Jepang yang jelas kami mempersiapkan dokumen keberangkatan dulu ya, seperti paspor dan visa. Minggu depan kita akan mulai latihan seminggu sekali untuk bisa memberikan yang terbaik lawan Badral Urayasu."

JCI Malang berhasil merebut gelar juara setelah menaklukkan PRMI Jakarta melalui adu penalti setelah diwaktu normal berakhir imbang 0-0. Dibabak adu penalti, tiga penendang JCI Malang sukses mengeksekusi penalti, sementara PRMI Jakarta hanya dua.

Kemenangan ini membawa JCI Malang menjadi pemenang babak grand final sekaligus juara nasional EURO Futsal Championship 2019. Selain menjadi juara nasional, JCI Malang pun mendapatkan hadiah utama pergi ke Jepang.

ICI Tangerang Raya yang disemifinal kalah dari JCI Malang harus memperebutkan peringkat ketiga melawan MI Sez Sidoarjo yang dikalahkan JCI Malang. Diperebutan peringkat ketiga, ICI Tangerang Raya berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-2.

Share Articles